20 January 2010

Teori keuntungan..

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

nahh.. seperti biasa hari ini aku ingin berkongsi lagi sedikit mengenai keberuntungan mengikut majalah Opend Mind dari negara jiran ni.. semoga apa yg di sampaikn ada manfaat bg kita semua.. Amin..

Ukuran keberuntungan bagi seseorang sangat bergantung pada standard yang digunakan oleh orang tersebut untuk mengukur suatu keberuntungan, sehingga keberuntungan bagi seseorang belum tentu juga dianggap keberuntungan bagi orang lain.

Ada beberapa standard yang biasanya dijadikan ukuran keberuntungan :

- Harta
Mobil dan ruma mewah lengkap dengan perabotannya, perhiasannya dll sering dijadikan ukuran bagi keberuntungan seseorang. Bagi orang-orang yang menganggap suatu keberuntungan itu berupa harta yang banyak, maka dia merasa beruntung ketika bergelimang harta. Segalanya dia lakukan demi meraih harta dan dia akan sangat kecewa ketika tidak mendapatkannya.

- Kedudukan
Kedudukan atau jabatan tinggi juga sering dijadikan ukuran keberuntungan. Bagi orang-orang yang menganggap suatu keberuntungan itu berupa kedudukan yang tinggi, maka dia akan terus mengejar dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk meraih kedudukan yang tinggi hingga kadang menghalalkan segala cara.

Apabila orang tersebut tidak juga mendapatkan kedudukan tinggi --apalagi ada temen sejawatnya yang malah dipromosikan untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi dari dia maka dia akan kecewa bahkan stress berat.

- Tingkat Intelektualitas
Siapa sih yang gak pengen merasakan pendidikan tinggi dan masuk perguruan tinggi negeri favorit? Bisa dibilang jarang sekali. Tingkat intelektualitas juga sering dijadikan ukuran keberuntungan. Sehingga tidak jarang terungkap kata-kata ”Kamu sih untung, bisa sekolah lebih tinggi” dari orang yang tidak mengalami pendidikan tinggi. Kita juga sering melihat ekspresi kekecewaan yang berlebihan dari seseorang yang tidak lulus SPMB

- Pasangan
Tidak jarang juga bahkan kebanyakan dari kita mendambakan pasangan yang secara fisik ”sangat strategis”. Sehingga ada ungkapan kuno ”kamu dapetin dia tuh suatu anugerah, sementara dia dapetin kamu itu musibah”

- Rido Illahi
Orang yang menganggap keberuntungan adalah ”semakin mendekatnya seorang hamba kepada Alloh demi meraih ridoNya”, maka baginya harta, kedudukan, kecerdasan dan pasangan yang indah tidak akan berarti, semuanya sia-sia bila tidak mengantarkannya pada keridoan Alloh. Inilah ukuran keberuntungan yang hakiki.

Bila kita menjadikan rido Alloh sebagai ukuran keberuntungan, maka ketika kita tidak mendapatkan harta, kedudukan, tingkat intelektualitas dan pasangan kita tidak akan terlalu kecewa dan tetap bersikap wajar. Begitu pula ketika kita mendapatkan harta, kedudukan, kecerdasan dan pasangan maka kita akan menjadikannya sarana untuk semakin taat kepada Alloh. (al.)

Sumber : Majalah OpenMind

bagaimana teori keberuntungan menurut Anda ^_^ ?

No comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin